eddy current testing

Pengujian Eddy Current pada Peralatan Lepas Pantai

Fasilitas lepas pantai beroperasi di lingkungan yang sangat sulit seperti kondisi cuaca ekstrem dan korosif. Mengingat kondisi ekstrem dan potensi risiko yang dihadapi oleh fasilitas lepas pantai, inspeksi berkala merupakan bagian penting untuk mencegah terjadinya potensi masalah yang membawa bencana.

Eddy Current Testing (ECT) adalah salah satu teknik pengujian untuk deteksi retak pada permukaan. Deteksi retak permukaan sangatlah penting pada area las-lasan yang terpapar oleh tekanan dan beban saat operasi. Jika retak akibat kelelahan material ini tidak terdeteksi sejak dini, maka retak halus dapat menjalar / menyebar secara eksponensial sehingga menimbulkan kerusakan yang fatal.

ECT adalah sebuah metode pengujian berdasarkan fenomena fisik induksi elektromagnetik untuk mendeteksi cacat pada metrial konduktif seperti logam. Perubahan pada logam seperti retakan akan mengganggu atau mengubah amplitudo dan pola arus Eddy Current serta medan magnet yang dihasilkannya. Interupsi atau perubahan ini akan menghasilkan signal amplitudo impedansi pada alat ECT untuk dianalisis oleh operator.

Walaupun terdapat beberapa pilihan teknik Uji Tak Rusak untuk mendeteksi retak permukaan seperti Magnetic Particle Testing (MT) dan Penetrant Testing (PT), teknik ECT terbukti lebih praktis karena tidak membutuhkan pengelupasan cat, tidak menggunakan cairan kimia, dapat diaplikasikan pada permukaan basah, tidak tergantung interpretasi visual operator, dan hasil pengujian dapat direkam sebagai bukti otentik.

Keunggulan tanpa kebutuhan untuk mengelupas cat adalah penghematan besar pada operasi lepas pantai karena menghemat waktu dan biaya tinggi akibat pekerjaan preparasi (pengelupasan cat) dan pengecatan ulang. Faktor-faktor ini menjadi keunggulan teknik ECT untuk inspeksi pada peralatan dan struktur lepas pantai.

Alat ECT berbobot ringan dan portabel juga relatif mudah untuk dioperasikan di berbagai medan termasuk dengan rope access. Operator juga dapat menjangkau area yang sulit dan las-lasan pada lekukan menggunakan probe jenis pinsil diameter kecil. Pada area yang terendam air, penyelam dapat menggunakan underwater probe yang dirancang khusus untuk penggunaan dalam air.

Hubungi kami jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lanjut.

ISI FORM
Chat WhatsApp

×

 

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× How can I help you?