oxide scale

Pentingnya Mengukur Ketebalan Oxide Scale pada Pipa Boiler

 

Oxide scale pada pipa boiler terbentuk karena reaksi kimia antara logam pipa dengan oksigen dalam udara pada kondisi suhu di atas 800 0C. Reaksi ini menghasilkan oksida besi Fe2O3 jika pipa terbuat dari baja. Seiring waktu, oksida logam akan terus terbentuk dan berakumulasi menjadi lapisan yang disebut “oxide scale”. Kecepatan reaksi ini meningkat seiring dengan peningkatan suhu operasi boiler. Atom oksigen akan berdifusi ke dalam pipa melalui lapisan tersebut, dan atom besi akan berdifusi ke luar, sehingga ketebalan oxide scale akan terus bertambah bahkan setelah permukaan pipa tertutup seluruhnya.

mengukur ketebalan

Oxide scale yang menumpuk pada permukaan pipa boiler dapat mengurangi efisiensi panas sehingga dapat menyebabkan penurunan kinerja boiler dan peningkatan konsumsi bahan bakar. Selain itu oxide scale menyebabkan panas yang terperangkap pada pipa boiler sehingga dapat menyebabkan penumpukan panas lokal yang menyebabkan suhu yang sangat tinggi pada permukaan pipa di bawah lapisan tersebut. Paparan suhu tinggi dalam jangka waktu lama, dipadu dengan tekanan operasi yang tinggi, menyebabkan retakan mikro intergranular pada logam dan deformasi, yang pada akhirnya menyebabkan pipa pecah.

Proses oxide scale dimulai secara perlahan dan kemudian meningkat cepat. Ketika lapisan oxide scale bertambah tebal, dinding pipa menjadi lebih panas dan meningkatkan laju pertumbuhan lapisan tersebut dan resiko kerusakan pipa. Studi di industri pembangkit listrik menunjukkan bahwa pengaruh oxide scale relatif tidak signifikan apabila ketebalannya masih di bawah 0,3 mm, namun jika ketebalan sudah di atas nilai tersebut maka efek negatif akan berakselerasi cepat.

Pengukuran ketebalan oxide scale secara berkala memungkinkan operator boiler memperkirakan sisa umur pipa untuk melakukan perencanaan perbaikan / penggantian. Metode Ultrasonik umum digunakan untuk aplikasi pengukuran ini. Menggunakan probe shearwave 20MHz, metode Ultrasonik mampu mengukur ketebalan oxide scale mulai dari 0,152 mm.

 

 Informasi rinci mengenai oxide scale dan pengaruhnya terhadap pipa boiler dapat ditemukan di buku Metallurgical Failures in Fossil Fired Boilers oleh David N. French (John Wiley Sons, 1983).

 

Hubungi kami jika Anda tertarik untuk mengetahui peralatan Ultrasonik untuk aplikasi ini.

KLIK DISINI

WhatsApp kami

 


 

Artikel Lainnya:

ultrasonic phased array

INSPEKSI PIPA-ULTRASONIK PHASED ARRAY

Radiografi dan Ultrasonik adalah teknik Uji Tak Rusak atau Non Destructive Testing (NDT). Keduanya dapat secara volumetrik memeriksa las-lasan untuk kerusakan seperti retak, kurangnya fusi, porositas, dll. Teknik Ultrasonik telah mendapatkan momentum sebagai pengganti Radiografi baik dalam praktik maupun dalam kode organisasi besar seperti ASME (American Society of Mechanical Engineers) dan API (American Petroleum Institute). […]

rubber conveyor belt

Thickness Gage 38DLP – Rubber Conveyor Belt

Bagian penting dari rangkaian conveyor adalah Belt sehingga membutuhkan pemeriksaan akurat sebelum pemasangan maupun pada saat operasi secara berkala. Sebelum pemasangan pemeriksaan Belt dilakukan oleh produsen untuk memastikan kwalitas produk sesuai spesifikasi. Pada saat operasi pemeriksaan berkala dilakukan untuk mengukur sisa ketebalan karet belt, mencari lokasi keausan dan menghitung sisa masa pakai. Dengan mengetahui data-data […]

ULTRASONIK PHASE ARRAY UNTUK INSPEKSI KERETA

Kereta Api adalah salah satu moda transportasi dengan jumlah peminat sangat tinggi dan semakin popular di Indonesia. Keselamatan dan keamanan penumpang adalah prioritas utama pada moda transportasi massal. Salah satu bentuk peningkatan keamanan adalah dengan pengecekan komponen-komponen Kereta Api secara berkala untuk meminimalisir terjadinya kerusakan yang dapat berujung pada kecelakaan pada saat kereta beroperasi Phased […]

×

 

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× How can I help you?