XRF Portabel untuk Pelacak Emas pada Eksplorasi Mineral serta Petunjuk Jalur Urat Bijih Emas

Alat analisa X-ray fluorescence (XRF) Olympus menghasilkan data geokimia real-time berkinerja tinggi untuk karakterisasi beragam unsur mineral dengan cepat dari tanah, bebatuan, dan bijih mineral. Kemajuan terbaru dalam teknologi XRF telah meningkatkan jumlah unsur yang dapat diukur, meningkatkan batas deteksi (Limit of Detection), dan mempercepat waktu uji.

Alat analisa XRF Vanta memberikan kemudahan dan kecepatan pengukuran berbagai jenis sampel yang terkait dengan eksplorasi emas, dalam tambang emas, laboratorium uji emas, dan pemurnian produk emas.

Manfaat

  • Indikasi cepat mineralisasi potensi emas melalui analisis XRF terhadap unsur pedoman atau pelacak (pathfinder) dalam tanah, sample bor, dan urat.
  • Pemilihan sampel prioritas, pemaksimalan anggaran analisis, dan peningkatan target pengeboran melalui penyaringan sampel dengan XRF.
  • Memperbaiki pemahaman deposit bijih, pemodelan, dan jalur emas yang lebih baik melalui pemetaan XRF terhadap tampilan struktur dan identifikasi zona mineralisasi dan alterasi.
  • Penggolongan bebatuan secara murah dan cepat menggunakan XRF untuk geokimia bebatuan.
Asosiasi Geokimia Terkait Deposit Au
Sumber : Reflex Geochemistry

Pelacak dan Geokimia Alterasi

Sebagian besar endapan emas memiliki pedoman geokimia terkait (seperti yang ditunjukkan pada tabel di atas). Alat analisa XRF dapat mendeteksi sidik jari geokimia ini, memungkinkan ahli geologi untuk lebih memahami sistem geologi tempat mereka bekerja. Unsur pedoman emas yang khas termasuk As, Cu, Pb, Zn, Sb, Bi, Ag, dan W.

Batas deteksi XRF pada unsur pedoman emas menggunakan Vanta VMR model Geochem

* Waktu uji 120 detik, matriks bebas SiO2; lihat dokumen LOD Olympus

Alat Analisa XRF untuk Deteksi Emas

Sudah menjadi rahasia umum bahwa alat analisa XRF Portabel tidak mendukung pengukuran langsung emas kadar rendah dalam sampel geologi (misalnya, ppb rendah). Teknik uji Fire Assay berbasis laboratorium umumnya dikenal sebagai metode pilihan untuk analisis emas. Garis sinar-X unsur emas tingkat L terletak di area spektrum energi fluoresensi sinar-X yang sangat padat. Di bagian spektrum ini, interferensi dari unsur-unsur lain (misalnya, As, Zn, W, dan Se) dapat menghasilkan pendeteksian unsur emas positif palsu.

Pengukuran langsung unsur emas dengan XRF dapat dilakukan dalam kasus tertentu seperti lingkungan urat kuarsa bermutu tinggi > 5 ppm (relatif bebas interferensi) atau dalam produk emas yang dimurnikan (di mana emas hadir dalam konsentrasi yang sangat tinggi).

Semakin banyak jumlah laboratorium di lokasi penambangan emas menggunakan XRF sebagai pengganti, atau sebagai pelengkap, metode uji Fire Assay. Silakan lihat catatan aplikasi Olympus “Penggunaan XRF Genggam di Laboratorium Tambang Emas.” Tambang juga menggunakan alat analisa XRF genggam Olympus untuk mengukur unsur dalam karbon aktif. Silakan merujuk ke catatan aplikasi Olympus, “Mengukur Emas dalam Karbon Aktif”.

Gambar dimabil dari laporan : Arne et al. (2014) – The use of property-scale pXRF data in gold exploration – advantages and limitations, Geochemistry: Exploration, Environment, Analysis.
Plot kontur As, Cu, dan Pb di permukaan tanah menggunakan XRF genggam dan dibandingkan dengan analisis ICP dari proyek eksplorasi emas di Kanada.

Untuk info lengkap silahkan hubungi kami

KLIK DISINI
WhatsApp kami
×

 

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× How can I help you?