EKSPLORASI EMAS dengan Instrumen XRD Portabel (pXRD)

Di lapangan ahli geologi sering menghadapi kesulitan untuk melihat jenis mineral hanya dengan mengandalkan visualisasi. Karena sifat alterasi halus yang sering menyertai mineralisasi emas, penilaian visual yang dilakukan oleh ahli geologi seringkali subjektif dan seringkali salah. Sampel sering dikirim ke laboratorium untuk analisis petrografi. Prosedur ini memakan waktu dan mahal serta terkadang gagal membedakan mineral yang memiliki asal usul yang sangat berbeda (misalnya yang terbentuk oleh air tanah atau cairan mineral). Selanjutnya, membedakan mineral serupa, seperti lempung, karbonat, dan sulfida halus, sangat sulit dilakukan dengan mikroskop.

Olympus pXRD menghasilkan data mineralogi yang andal, kualitatif, dan kuantitatif dalam waktu singkat di lapangan, di rig pengeboran, atau di gudang core-shed. Informasi yang dihasilkan pXRD adalah objektif, bukan subjektif, dan akan memakan waktu berminggu-minggu atau bulan apabila menggunakan metode tradisional.

Dengan menggunakan instrumen Olympus XRD, ahli geologi dengan cepat dapat mengambil keputusan penting, seperti:

  • Apakah akan meninggalkan atau memperpanjang lubang bor
  • Tempat untuk menempatkan lubang bor berikutnya
  • Apakah akan melanjutkan pemetaan di daerah tersebut

Selain menunjukkan alterasi, mineralogi kuantitatif memberikan informasi pengolahan mineral dan geo-metalurgi penting untuk rancangan tambang di masa depan.

Instrumen Olympus pXRD menggunakan teknologi paten yang dikembangkan untuk misi Mars Science Laboratories (MSL). Instrumen ini dilengkapi dengan perangkat Couple Charged Device (CCD) untuk secara bersamaan mengumpulkan difraksi sinar-X dan data fluoresens X-ray.

Manfaat instrumen XRD inovatif Olympus meliputi:

  • Jumlah sampel yang sedikit: hanya membutuhkan bahan sebanyak 15mg
  • Persiapan sampel yang sederhana: tidak membutuhkan teknisi terampil
  • Waktu akuisisi cepat: memperoleh hasil dalam hitungan menit
  • Portabel : tenaga batere, desain kokoh dan tanpa bagian yang bergerak
  • Instrumen yang berdiri sendiri: tidak perlu pendingin air atau sumber daya listrik eksternal yang besar
  • Tidak ada persyaratan servis berkelanjutan: memungkinkan instrumen digunakan secara teratur

Olympus XRD – Waktu Akuisisi Data dan Kwalitas Data

Alat analizer Olympus pXRD memberikan kemudahan mineralogi kuantitatif di tempat tanpa memerlukan prosedur persiapan sampel yang rumit. Untuk mengilustrasikan kemampuan kuantitatif produk Olympus pXRD, perbandingan telah dilakukan dengan instrumen XRD berbasis laboratorium 4 kW yang besar. Hasilnya menunjukkan persamaan yang kuat antara unit XRD berbasis laboratorium dan sistem pXRD Olympus.

Hasil Kuantitatif XRD untuk Instrumen Lab 4 kW dan Olympus pXRD pada Waktu Akuisisi Variatif

Waktu pengumpulan data juga dipelajari untuk menilai kinerja instrumen pXRD Olympus pada berbagai waktu pengujian serta perbandingan dengan instrumen XRD berbasis laboratorium.

 

[button title=”Download Versi PDF ” link=”http://tawada-ndt.com/indonesia/wp-content/uploads/2018/08/XRD-Eksporasi-Emas-Email.pdf” target=”_blank” align=”” icon=”” icon_position=”” color=”” font_color=”” size=”2″ full_width=”” class=”” download=”” rel=”” onclick=””]

[share_box]

[hr height=”30″ style=”default” line=”default” themecolor=”1″]

[blog_news title=”Produk Terkait” style=”” count=”5″ category=”newsxrfxrd” category_multi=”” excerpt=”0″ link=”” link_title=””]

×

 

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× How can I help you?