xrf analyzer batubara

XRF PORTABEL UNTUK PEMERIKSAAN BATUBARA

xrf analyzer batubara

Olympus analizer X-ray fluorescence (pXRF) portabel berkinerja tinggi memberikan data geokimia secara instan untuk karakterisasi aneka unsur tanah, batuan, dan bijih mineral. Kemajuan teknologi XRF telah memperbaiki batas minimum deteksi dan jumlah elemen yang dapat diukur serta mengurangi waktu uji analisis. Untuk industri batubara, kemajuan ini memungkinkan untuk memperkirakan kandungan abu (ash content) dan konstituen utama di lapangan dengan cepat.

 

Perkenalan : Pemakaian XRF Portabel untuk Aplikasi Batubara

Kemampuan teknologi pXRF untuk mengukur unsur ringan utama yaitu sulfur (S), silikon (Si), dan aluminium (Al), telah menjadikan alat ini penting dalam pengambilan keputusan sehari-hari. Keputusan didasarkan pada pengukuran sulfur langsung dan kemampuan untuk memperkirakan kandungan abu (ash content) dan nilai kalor (Caloric Value) berdasarkan jumlah fraksi unsur-unsur ringan dan anorganik, yaitu magnesium (Mg), silikon (Si), aluminium (Al), potassium (K), kalsium (Ca), dan besi (Fe). Peluang dan aplikasi XRF portabel dapat dilakukan pada operasi dan pemrosesan panas dan pembentukan kokas batubara.

Selain itu XRF portabel mengukur lebih dari 30 unsur mineral secara instan, memungkinkan karakterisasi konten unsur jejak, penggunaan litho-geokimia untuk menghubungkan stratigrafi, dan identifikasi cakrawala penanda dalam lapisan batubara individual dan geologi sekitarnya. Penggunaan XRF portabel dapat bermanfaat di seluruh rantai nilai pertambangan, dimulai dengan kegiatan pengeboran eksplorasi, operasi grade control rutin di tambang yang ada, serta pemrosesan mineral hilir dan pengiriman produk akhir.

Nilai Utama XRF Portabel

Data instan memungkinkan pengambilan keputusan secara cepat, peningkatan produktivitas dan penghematan biaya melalui penggunaan peralatan dan personil yang lebih baik. Implementasi program XRF portabel telah berhasil ditunjukkan di banyak kegiatan rutin penambangan termasuk:

  • Membantu tahap awal eksplorasi di lapangan.
  • Mengoptimalkan aktivitas pengeboran – memperluas atau menyelesaikan lubang pengeboran lebih efisien dan menghemat biaya mobilisasi dan pengeboran tambahan.
  • Karakterisasi bijih / limbah yang lebih baik selama kegiatan pemetaan kandungan mineral dan optimalisasi aktivitas tambang dengan lebih baik melalui kendali pencampuran dan penyimpanan.
  • Perbaikan kendali proses mineral dan keputusan metalurgi.
  • Analisa produk final secara cepat di lapangan.
  • Analisa produk final secara cepat di lapangan.

Aplikasi dan Kinerja Analisis

Instrumen XRF portabel generasi terbaru Olympus menggabungkan banyak fitur canggih yang memberikan hasil bagus dengan cepat. Ini termasuk tabung sinar-X anoda Rhodium yang dikendalikan secara digital, roda filter yang bergerak otomatis, dan detektor Silicon Drift Detector (SDD) ukuran besar ditambah dengan teknologi High Count Rate (HCR)™Axon Technology™. Fitur-fitur ini memberikan hasil yang akurat dan teliti, waktu uji lebih cepat, batas deteksi yang lebih rendah, serta kinerja yang lebih baik pada unsur mineral ringan (Mg, Al, Si, P & S), yang penting bagi bisnis batubara.

Ini memberikan kemudahan bagi ahli geologi batubara untuk memperoleh sejumlah informasi geokimia antara lain:

  • Geokimia batuan yang hampir lengkap, mencakup sebagian besar unsur penting dan jejak utama yang digunakan untuk litho-geokimia dan mengetahui jenis batuan.
  • Analisis belerang langsung, mengurangi teknik pembakaran yang lambat dan mahal.
  • Kemampuan untuk menggunakan representasi unsur-unsur ringan untuk memperkirakan kandungan abu (Ash Content) dan seringkali untuk secara tidak langsung menghitung nilai kalori (Caloric Value).
Gambar 1 dan 2 mengilustrasikan kinerja yang diperoleh dari sejumlah besar standar batubara yang beragam (bahan referensi bersertifikat). Gambar 1 menunjukkan bagaimana gabungan unsur-unsur ringan, dan juga silika saja, dapat digunakan secara efektif untuk memperkirakan kandungan abu (Ash Content).

Panorama Tambang Batubara Termal Sebuku di Kalimantan Selatan, Indonesia. Tambang skala besar ini adalah salah satu dari beberapa yang dioperasikan oleh Sakari Resources di wilayah ini dan menunjukkan kompleksnya interaksi peralatan yang sangat besar dan geologi yang rumit. XRF portabel Olympus menawarkan banyak kesempatan untuk membantu pengambilan keputusan secara cepat dalam alokasi material, pencampuran, dan pengiriman akhir ke kapal tongkang laut yang mengangkut batubara ke pembangkit listrik regional.

Studi Orientasi di Pertambangan Sebuku dan Jembayan

Pertambangan Batubara Sebuku dan Jembayan berlokasi di Kalimantan, Indonesia. Karena lokasi terpencil dan operasi berskala besar, ada persyaratan untuk melakukan uji coba metode baru untuk menentukan klasifikasi batubara secara cepat, dalam waktu singkat. Pekerjaan orientasi XRF portabel dilakukan pada permukaan pit dan tumpukan bahan untuk mengembangkan metode untuk memperkirakan kandungan sulfur langsung dan hasil kandungan abu (Ash Content) sebagai bagian dari aktivitas rutin tambang. Batubara yang layak kemudian dicampur dan dicuci di tempat untuk memperoleh kualitas yang benar sebelum dimasukkan ke tongkang, di mana kemudian dikirim ke stasiun penampungan batubara di wilayah tersebut.

xrf batubara

Untuk info lengkap silahkan hubungi kami

KLIK DISINI
WhatsApp kami

×

 

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× How can I help you?