Bahaya Emas Batangan Palsu

Mengenali emas batangan palsu bisa menjadi tantangan, tetapi ada beberapa metode dan petunjuk yang dapat membantu Anda mengidentifikasinya. Berikut adalah beberapa cara untuk mengenali emas batangan palsu:

1. Periksa Stempel dan Marking

   – Emas asli memiliki stempel yang mencantumkan informasi penting seperti kadar emas (misalnya, 999 untuk emas murni atau 750 untuk emas 18 karat), berat, nama produsen, dan nomor seri. Periksa stempel dengan cermat untuk memastikan keakuratannya.

2. Uji Magnet

   – Emas asli tidak akan tertarik magnet, jadi bawa magnet kecil dan periksa apakah emas batangan menarik atau tidak. Jika emas tertarik magnet, besar kemungkinan itu adalah logam lain yang dicampurkan.

3. Lakukan Uji Uap Air

   – Tambahkan beberapa tetes air ke permukaan emas. Air akan membentuk tetesan kecil pada emas asli, sementara pada emas palsu air akan merata dan tidak membentuk tetesan.

4. Lakukan Uji Asam Nitrat

   – Hati-hati gunakan asam nitrat pada area kecil yang tidak terlihat dari emas. Emas asli tidak akan bereaksi dengan asam nitrat, sementara logam lain mungkin akan bereaksi atau berubah warna.

5. Gunakan Uji Kepalitan

   – Emas asli memiliki sifat kepalaian yang khas. Anda dapat mencoba menggoreskan emas pada batu uji kepalaian untuk melihat jejaknya. Emas asli akan meninggalkan jejak emas yang khas.

6. Perhatikan Berat dan Dimensi

   – Bandingkan berat dan dimensi emas yang Anda miliki dengan standar emas batangan yang diakui. Emas palsu mungkin memiliki berat atau dimensi yang tidak sesuai.

7. Lakukan Uji Densitas

   – Densitas emas adalah ciri penting. Anda dapat menggunakan alat pengukur densitas atau metode lain untuk mengukur densitas emas dan memastikan kesesuaiannya dengan nilai densitas emas murni.

8. Gunakan Jasa Ahli

   – Jika Anda tidak yakin atau memiliki keraguan tentang keaslian emas batangan, sebaiknya konsultasikan dengan ahli perhiasan atau ahli emas untuk mengonfirmasi keasliannya.

Penting untuk mencatat bahwa penggunaan metode uji harus dilakukan dengan hati-hati dan bijak. Beberapa uji dapat merusak emas palsu maupun emas asli jika tidak dilakukan dengan benar. Lebih baik berkonsultasi dengan ahli jika Anda tidak yakin.

Bagaimana deteksi emas batangan menggunakan Ultrasonic & XRF Testing

Pada masa ini produk palsu gold bars dibuat dengan baik dan tidak dapat diidentifikasi dengan mata telanjang. Dalam hal ini, kami ingin menyajikan paket peralatan pengujian untuk mengidentifikasi keaslian logam anda.

Yang terpenting dari artikel ini adalah untuk memahami bahwa cara terbaik untuk menjaga produk emas dan perak palsu adalah dengan memiliki peralatan pengujian dan rekam jejak secara keseluruhan.

Untuk info lengkap silahkan hubungi kami

KLIK DISINI
WhatsApp kami
×

 

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× How can I help you?