xrf

XRF Untuk Analisa Kontaminasi Merkuri

xrf

Kontaminasi merkuri pada aset minyak dan gas merupakan masalah umum pada industri perminyakan. Alat analisis X-Ray Fluorescent portabel (XRF) Vanta memberikan analisis kuantitatif cepat merkuri pada permukaan peralatan proses seperti pipa sumur, pipa penyaluran, bejana tekan, dan tangki. Data ini dapat digunakan untuk memandu aktivitas pemeliharaan dan dekomisioning.

Dampak Kontaminasi Merkuri terhadap Aset Migas

Merkuri adalah unsur sangat beracun yang terkandung secara alami dalam minyak mentah. Seiring waktu, merkuri dalam minyak dapat mengikat pada permukaan yang bersentuhan dengannya. Tergantung pada kondisi lingkungan, merkuri dapat mengikat dan mencemari aset hanya dalam beberapa jam setelah terpapar.

Kontaminasi merkuri dapat terjadi pada semua mata rantai proses migas.

  • Upstream : Sumur eksplorasi
  • Midstream : Tangki penyimpanan, kapal pengangkut dan saluran pipa
  • Downstream : Kilang, tangki timbun

Permukaan yang terkontaminasi bahkan dengan jumlah merkuri sedikit dapat menimbulkan risiko ekstrim bagi pekerja. Pada suhu kamar, merkuri dapat menguap membentuk uap beracun yang tidak terlihat dan tidak berbau. Kegiatan seperti pengelasan dan pemotongan baja, atau perawatan permukaan seperti sandblasting, menimbulkan panas yang menyebabkan merkuri menguap lebih cepat. Untuk alasan ini, sangat penting untuk dapat mengidentifikasi benda yang terkontaminasi merkuri.

Menghitung Kontaminasi Merkuri Menggunakan XRF Portabel Vanta

XRF Portabel Vanta memberikan pengukuran kontaminasi merkuri yang cepat, tepat, dan tidak merusak aset migas (Gambar 1) dalam satuan berat per area (microgram per cm2). Analisis tidak tergantung pada kalibrasi khusus pada substrat tertentu dan bahan pengujian. Hasil pengukuran dapat membantu menentukan metode dekomisioning dan pemeliharaan yang tepat.

Benefit XRF Portabel Vanta

Lingkungan aset minyak dan gas seperti sumur produksi, kapal tanker, dan kilang dapat berupa lingkungan yang panas dan basah. Alat XRF Portabel Vanta mampu beroperasi di lingkungan kerja yang keras. Fitur alat meliputi:

Pengoperasian berkelanjutan pada suhu lingkungan hingga 50 °C

IP55 / 54 tahan debu dan air untuk menahan hujan dan kotoran

Desain kokoh yang dibuat untuk lulus uji jatuh setinggi 1,2 m (MIL-STD-810G) untuk membantu mencegah kerusakan

Penyimpanan data di cloud dan tampilan data jarak jauh secara real-time

Hubungi kami jika Anda tertarik untuk mengetahui peralatan Ultrasonik untuk aplikasi ini.

KLIK DISINI

WhatsApp kami


Artikel Lainnya:

XRF portabel PMI

4 Hal Pertimbangan Penting saat Menggunakan pXRF untuk aplikasi PMI (Positive Material Identification)

Spektometer X-Ray Fluorescent (XRF) portabel adalah teknologi alat ukur yang telah tersedia secara komersial sejak 1980an yang pada saat itu masih menggunakan radioisotop sebagai sumber radiasi. Baru pada tahun 2001 karena kemajuan teknologi tabung sinar-X mulai dipakai untuk menggantikan radioisotop sebagai sumber radiasi. Karena menggunakan tabung sinar-X, alat analisis XRF menjadi semakin ringkas dan ringan, […]

oil nalisis

ANALISIS OLI PELUMAS PADA PERALATAN PEMBANGKIT LISTRIK

Analisis Kontaminasi Tujuan utama analisis ini adalah untuk mengetahui jumlah kontaminan yang terdapat dalam oli pelumas terutama kontaminasi partikel padat yang diketahui sebagai penyebab utama kegagalan suatu peralatan yang memiliki sistem pelumas. Analisis kontaminasi oli pelumas menggunakan standar ISO4406:99 yang mengkategorikan partikel menjadi R4 berukuran lebih dari 4 mikron, R6 lebih dari 6 mikron, dan […]

XRF

Peran OLYMPUS Vanta Portable XRF Dalam Rantai Pasok Baterai Lithium – Ion Berdaya Tinggi

Saat ini salah satu industri yang banyak menggunakan baterai lithium – ion adalah industri kendaraan listrik . Trend ini di dorong dengan semakin banyak nya masyarakat yang antusias menggunakan kendaraan listrik untuk aktifitas sehari hari. Sisi lain dari banyak nya penggunaan baterai lithium – ion ini adalah muncul nya masalah seperti ledakan dan juga kebakaran […]

×

 

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× How can I help you?